Sunday, September 14, 2014

3D Printing for Titanium Skull

Mencetak 3D Tengkorak Titanium

URL Link:

Artikel ini membahas kemajuan 3D (3 Dimensi) printing dalam dunia kedokteran yaitu untuk "mencetak" sebagian tengkorak (skull) yang telah hilang (hancur) akibat kecelakaan. Pasien pria dari China ini mengalami kecelakaan kerja saat terjatuh sehingga kepalanya menghantam tumpukan kahy. Kecelakaan ini mengakibatkan sebagian tengkorak kepalanya hancur dan mengalami kerusakan di sebagian otaknya. Kerusakan otak tersebut mengakibatkan gangguan pengelihatan terutama pada mata kiri, sulit menulis, dan sulit berbicara. 

Transplantasi dengan tengkorak titanium hasil 3D printing ini diharapkan bisa membentuk kembali tengkorak kepalanya sehingga otaknya bisa memperbaiki sendiri dengan lebih optimal karena kini memiliki "ruang" yang cukup untuk berkembang. Diharapkan kemampuan - kemampuan yang menurun akibat kecelakaan ini bisa berangsur membaik walaupun tidak sepenuhnya kembali sempurna. 



Bahan titanium dipilih karena jenis metal ini diketahui tidak memicu reaksi "penolakan" oleh sistem imunitas tubuh manusia. Namun para dokter dan peneliti tetap memantu reaksi dari transplantasi tengkorak titanium ini. 

No comments:

Post a Comment